Cara Buat Undangan Aqiqah Dari Canva

Cara Buat Undangan Aqiqah Dari Canva
Cara Buat Undangan Aqiqah Dari Canva

Pengertian aqiqah banyak sekali dan begitu beragam, beberapa diantaranya ada yang menyebutkan bahwa aqiqah disini ialah memutus, melubangi bahkan ada yang mengatakan juga nama bagi hewan yang akan di sembelih. Dalam agama Islam aqiqah disini merupakan bentuk syukur atas kelahiran sang buah hati. Ucapan syukur tersebut disambut dengan cara membelih hewan domba lalu dibagikan kepada para keluarga, tetangga bahkan saudara. Sehingga aqiqah disini seringkali diidentikan seolah pemotongan hewan qurban ketika sedang idul adha. Dari sini dapat kita simpulkan sebagai orang tua perlu kiranya mempersiapkan budget untuk perayaan kelahiran sang anak tersebut nantinya ketika sudah lahir.


Pengertian aqiqah secara bahasa yaitu memiliki arti memotong. Arti tersebut berasal dari bahasa arab yaitu al-qath’u. dalam hal ini juga terdapat definisi lain dimana aqiqah tersebut yaitu merupakan nama rambut bayi yang baru saja dilahirkan. Menurut istilah aqiqah tersebut merupakan serangkaian proses kegiatan menyembelih hewan ternak yang dilakukan tepat pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan tersebut. Berdasarkan tafsir aqiqah dipandang memiliki nilai paling kuat sesuai dengan pendapat sebagian ulama. Aqiqah tersebut merupakan sunnah muakkad sehingga aqiqah dapat menjadi suatu ibadah penting yang perlu diutamakan. Apabila orang tua dirasa sudah mampu maka sangat dianjurkan untuk melakukan aqiqah meski anaknya masih menjadi seorang bayi. Akan tetapi apabila sang orang tua dirasa kurang mampu, maka aqiqah bisa ditinggalkan dan hukumnya tidak akan berdosa.


Untuk melakukan aqiqah kita tidak bisa sembarang melakukannya. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa syarat yang harus kita penuhi. Syarat utama yang perlu dilakukan yaitu adalah proses pelaksanaan aqiqah perlu disesuaikan dengan jenis kelamin sang anak. Beberapa hal yang menjadi syarat aqiqah tersebut yaitu terdiri dari:


Jumlah hewah

Jumlah hewan untuk pelaksanaan aqiqah bagi anak berjenis kelamin perempuan dan laki-laki sangatlah berbeda. Untuk jumlah hewan aqiqah yang akan disembelih bagi anak berjenis kelamin laki-laki yaitu adalah dua ekor kambing atau dua ekor domba. Sedangkan untuk jumlah hewan yang dibutuhkan untuk anak perempuan sendiri yaitu hanya sekedar membutuhkan satu ekor kambing atau satu domba saja. Meski nyatanya terdapat perbedaan jumlah hewan yang akan dipotong berdasarkan jenis kelamin, namun jumlah hewan tersebut juga bisa disesuaikan dengan kondisi orang tua yang kurang mampu. Apabila menyembelih dua ekor domba dirasa kurang mampu maka bisa menyembelih satu ekor saja. Karena sesungguhnya untuk pelaksanaan aqiqah antara anak laki-laki dan perempuan semuanya sama saja. Yang menjadi pembeda antara keduanya yaitu adalah jumlah hewan tersebut.


Kondisi hewan

Syarat berikutnya yang perlu diperhatikan yaitu adalah kondisi hewan yang akan disembelih. Tentu saja kondisi hewan disini harus dalam keadaan sehat tidak boleh dalam keadaan sakit, ataupun cacat, bahkan kurus. Jadi sangat dianjurkan untuk menggunakan kambing sebagai aqiqah yang memiliki umur kisaran satu tahun dan berjenis kelamin jantan maupun betina. Meski hokum aqiqah disini termasuk sunnah muakkad akan tetapi daging aqiqah tersebut disunahkan untuk dimasak terlebih dahulu.


Dibagikan dalam kondisi daging mentah

Pada umumnya memang hasil dari penyembelihan hewan aqiqah tersebut dibagikan kepada orang sekitar dalam keadaan yang sudah di masak yaitu berbentuk nasi kotak. Namun selain itu, membagikan daging aqiqah dalam kondisi mentah juga sangat dianjurkan. Keterangan ini sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Baz Aqiqah yang sudah sesuai dengan syariah sebagaimana yang diajarkan dalam sunnah shahih dari Rasulullah Shallallahu a’laihi wa sallam yaitu hewan yang disembelih untuk kelahiran sang anak tepatnya pada hari ketujuh.


Sebagai orang tua yang bisa dikatakan mampu untuk melaksanakan aqiqah sebagai bentuk syukuran dalam menyambut kelahiran sang anak, maka selain menyiapkan hewan yang akan disembelih juga perlu mempersiapkan beberapa hal lainnya sepertihalnya design undangan aqiqah. Proses pembuatan undangan aqiqah secara online sangatlah mudah bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kita bisa menggunakan aplikasi canva dalam pembuatan design undangan aqiqah online tersebut. Pembuatan undangannya juga sangat mudah. Bahkan kita bisa menggunakan berbagai macam kumpulan layout unik yang terdapat di aplikasi canva tersebut.


Berikut ini bagaimana proses pembuatan undangan aqiqah online dengan menggunakan aplikasi canva:


Buka aplikasi canva

Kita bisa membuka aplikasi canva dengan membuka halaman baru di web. Membuka aplikasi tersebut bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan akun google atau bahkan akun facebook sebelum menjadi pengguna. Setelah itu baru bisa masuk dan mulai mencari berbagai macam jenis undangan aqiqah yang kita inginkan.


Pilih template

Kita dapat menggunakan template kosong atau bahkan menggunakan ratusan template untuk undangan tujuh bulanan tersebut yang terdapat di aplikasi canva. Di berbagai template tersebut kita juga bisa menemukan beragam filter template yang menarik untuk digunakan oleh perempuan dan laki-laki. Template tersebut tentu saja penuh warna dan sangat minimalis dengan tema bunga, hari libur dan masih banyak tema lainnya yang bisa kita gunakan.

Telursuri fitur


Di aplikasi canva terdapat perpustakaan yang menyediakan jutaan foto, gambar, ilustrasi, serta grafis dari para desainer profesional. Untuk menggunakan semua desain tersebut kita bisa tarik dan lepas ke elemen halaman yang kita inginkan, dan bisa kita atur ulang kembali sesuai dengan yang kita inginkan.


Berikan sentuhan pribadi

Untuk memberikan sentuhan menarik pada desain undangan yang diinginkan. Kita bisa memberikan beberapa sentuhan pribadi sepertihalnya unggah gambar, atau bahkan grafis miliki kita untuk mempercantik desain tersebut.

Bagikan atau cetak


Dari hasil desain yang sudah dilakukan dengan cara menggunakan template yang terdapat pada aplikasi canva tersebut. Selanjutnya kita bisa membagikannya atau bahkan bisa mencetak hasil desain tersebut. Apabila ingin membagikannya secara online, maka bisa kita langsung share di berbagai sosial media sepertihalnya facebook, instagram, atau bahkan bisa membagikannya dengan melalui email. Namun apabila desain undangan tersebut ingin dibagikan dalam bentuk cetak, maka bisa langsung di print.


Membuat undangan aqiqah untuk menyambut kelahiran sang bayi sebagai bentuk ras syukur maka perlu disesuaikan dengan dana anggaran yang kita miliki. Hal itu dikarenakan dana untuk persiapan anak tersebut tidak hanya sekedar undangan saja akan tetapi juga diperlukan sebagai cemilan dan pernak pernik lainnya. Selain itu, dalam pembuatan undangan aqiqah agar tidak terkesan kurang bgus dan hanya membuang-buang duit maka foto sang bayi penting sekali disesuaikan dengan ukuran undangan yang diinginkan. Setelah kita dapat menyesuaikan ukuran desain dengan foto sang bayi maka jangan lupa kita cetak undangan tersebut dalam bentuk resolusi yang tinggi agar terlihat begitu menakjubkan serta bisa kita bagikan pula secara online. Canva yang sudah jadi dapat di ekspor desainnya sebagai PDF.


Undangan Online Aqiqah Dari Indoinvite


Jika anda merasa kurang pas dengan hasil dari canva karena memang desain dari canva memang monoton apalagi jika tidak menggunakan akun premium, tenang saja. Teman-teman bisa membuat undangan online Aqiqah di indoinvite.com yang merupakan situs undangan online paling lengkap dan terpercaya. Bahkan hasilnya akan sangat bagus dan bisa digunakan untuk menyebar ke seluruh tamu undangan. Undangan nya berbentuk sebuah link yang akan mengerahkan para tamu ke halaman undangan online. Berikut contoh hasil dari undangan Aqiqah indoinvite.com:


Contoh undangan online aqiqah: https://indoinvite.com/hasil/13709 


Kalau mau buat undangan seperti diatas kami menyediakan jasa undangan online. Langsung aja hubungi admin di nomor whatsapp di halaman website ini ya.