Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Undangan Cetak dan Undangan Digital

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Undangan Cetak dan Undangan Digital
Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Undangan Cetak dan Undangan Digital

Lebih Baik Mana, Undangan Digital atau Undangan Cetak?


Pernikahan merupakan suatu acara yang begitu sakral sehingga membutuhkan segala persiapan yang matang dengan tujuan agar acara bisa berjalan dengan lancer. Salah satu persiapan dalam acara pernikahan disini yaitu merupakan undangan.


Undangan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan lantaran berhubungan dengan banyaknya jumlah tamu yang diundang sehingga bersangkutan juga dengan dana pengeluaran dari segi konsumsi dan dekorasi untuk tempat para tamu tersebut. Umumnya selama ini undangan tersebut dibagikan secara langsung akan tetapi juga beberapa orang membagikannya dalam bentuk undangan digital.


Lantas apakah undangan digital lebih direkomendasikan untuk digunakan ketimbang undangan cetak? Dalam artikel ini akan diulas mengenai kedua jenis undangan tersebut sehingga anda bisa mengetahui lebih baik mana menggunakan undangan digital atau undnagan cetak.


Kelebihan undangan cetak


1. Lebih Resmi dan Formal


Pertama, undangan cetak disini akan membuat tamu undangan lebih terkesan resmi lantaran dalam suatu pesta pernikahan tentunya tidak akan sembarang orang yang diundang. Oleh karena itu mereka yang menerima undangan secara langsung dengan di cetak akan menilai bahwa acara tersebut benar-benar formal sehingga malu untuk tidak dapat menghadirinya secara langsung.


2. Tamu Lebih Segan Menerima Undangan Cetak


Kedua adalah memberikan kesan untuk lebih menghargai para tamu undangan lantaran undangan cetak begitu terlihat rapi. Terlebih lagi apabila anda sendiri yang mengantarkannya langsung kepada tamu undangan yang bersangkutan. Dengan demikian, tamu tersebut tentunya akan merasa kurang enak apabila tidak bisa hadir lantaran melihat kesungguhan anda ketika mengantarkan undangan tersebut. Dalam membagikan undangan cetak disini tentu saja anda perlu mengingat dengan baik siapa saja orang yang ingin di undang. Baik itu teman sekolah, ataupun teman dekat lainnya. Dengan melalui undangan tersebut, anda dapat bertemu dengan orang yang sebelumnya memang jarang bisa ditemui.


Kelemahan undangan cetak


1. Budget Lebih Gede


Pertama yaitu adalah menghabiskan budget yang cukup lumayan banyak. Tanpa disadari undangan cetak disini dapat menguras kantong bahkan dapat menghabiskan uang yang berjumlah jutaan rupiah. Belum lagi dengan biaya desain dan bahan pada kartu undangan cetak tersebut yang umumnya ingin membagikan undangan pernikahan dengan begitu mewah. Tentu dalam hal ini tidak akan menghabiskan uang dengan nominal yang begitu murah. Dapat anda simpulkan bahwa semakin banyak tamu yang akan diundang maka semakin besar pula pengeluaran untuk mencetak undangan pernikahan tersebut.


2. Lebih Capek


Kedua, membutuhkan tenaga ekstra baik dari segi pembuatan undangannya mulai dari desai dan yang lain. Bahkan anda bisa saja bolak balik ketempat cetak undangan untuk mengetahui bagaiman progress undangan cetak yang sedang dilakukan. Padahal nyatanya, menjelang pernikahan tidak hanya sekedar undangan saja yang dipikirkan akan tetapi masih banyak hal lainnya yang perlu anda perhatikan dengan tujuan agar pernikahan akan berjalan dengan lancer.


3. Lebih Lama Selesainya


Ketiga yaitu dalam pembuatan undangan cetak disini cukup memakan waktu yang begitu lama. Anda tidak hanya membutuhkan sehari untuk dapat selesai dengan kilay akan tetapi membutuhkan wkatu berhari-hari. Selain itu, dari segi pengirimannya juga membutuhkan tenaga yang begitu ekstra lantaran harus mengirimkannya satu persatu kepada orang yang ingin anda undang. Jangan sampai, undangan cetak yang dikirim tersebut masih dalam perjalanan dan belum bisa sampai tepat waktu pada orang yang ingin anda undang tersebut.


Mengetahui beberapa kelemahan dan kelebihan undangan cetak di atas, berikutnya yaitu bisa anda ketahui bersama bagaimana kelebihan dan kekurangan yang ada pada undangan digital. Berikut ini kelebihan dari undangan digital.


Kelebihan Undangan Digital


1. Lebih Simple


Nyatanya undangan digital merupakan salah satu undanagn yang begitu simple dan praktis untuk mudah dikirimkan, hal itu terbukti ketika ingin membagikan undangan tersebut kini tidak perlu keluar rumah. Dalam hal ini bisa menggunakan beberapa manfaat dari berbagai media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi antar sesame. Salah satunya adalah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp, Facebook dan aplikasi lainnya yang dapat memudahkan anda untuk membagikan undangan tersebut.


2. Lebih Variatif dan Interaktif


Penggunaan undangan digital disini sangat cocok bagi anda yang suka berkreasi. Undangan elektronik bisa menjadi wadah untuk berkreasi sepuas mungkin sehingga menjadikan undangan memiliki tampilan yang begitu menarik dan unik. Anda juga bisa menambahkan beragam warna yang diinginakn. Anda juga bisa mengkreasikan undangan tersebut dalam bentuk video ataupun lainnya.


3. Jauh Lebih Murah


Fakta menarik dari undangan digital disini yaitu harganya yang begitu murah dibandingkan dengan undangan cetak. Undangan digital tersebut sangat ramah di kantong dan bisa dibagikan melalui beragam sosial media. Dalam pembuatan undangan digital tersebut berbeda dengan undangan cetak yang mana apabila memilih desain yang lebih menarik maka akan menambah pada biaya harga undangan cetak terlebih lagi ketika undangan tersebut memiliki banyak warna. Undangan digital bebas memiliki bermacam warna dengan jumlah banyak sekalipun harganya tetap akan murah dan terjangkau. Bisa cek harga undangan digital dari indoinvite.com


Nah, beberapa di atas merupakan salah satu bagian dari kelebihan undangan digital yang bisa anda ketahui. Meski undangan digital disini terkesan begitu menarik khususnya ramah di kantong namun juga memiliki beberapa kekurangan sehingga perlu sekali anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan undangan digital. Berikut ini beberapa kelemahan undangan digital yang bisa anda ketahui.


Kelemahan Undangan Digital


1. Tidak Cocok Untuk Tamu Yang Kurang Update Teknologi


Karena undangan berbasis digital, terkadang ada tamu undangan yang tidak terlalu update dengan teknologi sehingga tidak mengerti tentang undangan online. Mereka masih perpatokan pada undangan cetak yang bisa dilihat bentuk fisiknya. Banyak juga tamu yang sudah tua tidak memiliki gadget untuk melihat undangan kita. Maka itulah tantangan tersendiri jika ingin memilih mengundangan semua tamu undangan secara online.


2. Mudah Dilupakan


Yang menjadi salah satu kekurangan jika undangan dikirim melalui sosial media adalah undangan kalian akan mudah untuk dilupakan. Contohnya jika seumpamanya kalian mengirim undangan kepada seseorang melalui WhatsApp, maka bisa jadi chat-an yang kalian kirim dapat tertimbun dan tidak akan diketahui oleh tamu undangan.


Dari beberapa keterangan di atas mengenai kelebihan dan kekurangan undangan digital dan undangan cetak, kira-kira anda sendiri akan menggunakan jenis undangan apa untuk melangsungkan sebuah acara khususnya acara pernikahan. Anda bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan.


Bagi kalian yang ingin buat undangan digital berbasis link, video, maupun cetak bisa langsung kunjungi indoinvite.com atau langsung hubungi admin ya. Dijamin undangannya jadi keren dan naik level